Langsung ke konten utama

Biaya Bangun Rumah Type 36 2020 Nantinya Bisa Menjadi Acuan Anda Dalam Membangun Rumah Impian

Konten [Tampil]
    biaya bangun rumah type 36 2020

    Rumah type 36 2020 termasuk ukuran rumah yang paling banyak dibangun orang-orang. Lalu, bagaimanakah perhitungan dari biaya bangun rumah type 36 2020? Membangun hunian baru tentunya memerlukan estimasi biaya yang diperlukan.

    Rumah minimalis ini termasuk konsep rumah yang paling digemari banyak orang. Konsep hunian minimalis juga merupakan salah satu inspirasi dari gaya hidup Zen yang berasal dari Jepang.

    Beberapa tipe dari rumah minimalis ini antara lain adalah tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 60, dan masih banyak lagi. Kini hunian yang paling banyak dicari adalah rumah minimalis tipe 36. Keunggulan dari rumah yang satu ini memiliki bentuk simpel dan harganya yang murah.

    Cara Menghitung Biaya Dalam Membangun Rumah Minimalis Type 36

    1. Perhitungan Dahulu Luas Bangunan

    Perhitungan Dahulu Luas Bangunan
    Perhitungan Dahulu Luas Bangunan

    Misalnya, Adna ingin tahu biaya bangun rumah minimalis tipe 36/75. Luas tanahnya misalnya 75 meter persegi. Jika harga tanah Rp2,5 juta meter persegi berarti Anda harus membeliya dengan harga: Rp2.500.000 x 75m2 = Rp187.500.000. Kemudian, Anda pun bisa menghitung biaya bangunan dengan sistem meter persegi.

    Misalnya saja harga permeter persegi bangunannya adalah Rp3.000.000, maka total yang Anda butuhkan: Rp3.000.000 x 36m2 = Rp108.000.000.

    Maka, total biaya bangun rumah minimalis type 36 ditambah dengan membeli tanahnya adalah Rp187.500.000 + Rp108.000.000 = Rp295.500.000.

    2. Jangan Lupakan Ada Biaya Jasa Tukang

    Jangan Lupakan Ada Biaya Jasa Tukang

    Setelah itu, biaya bangun rumah minimalis type 36 ini juga menghitung jasa tukang bangunan. Dengan keberadaan tukang sangatlah penting, karena bisa menjadi penggerak terwujudnya rumah minimalis.
    Biasanya dalam membangun rumah minimalis diperlukan tukang yang terampil dengan para asistennya yang membantu.

    Berikut ini adalah rincian harga borong tenaga rumah tipe 36 yang dilansir dari aturduit.com.

    Jenis Pekerjaan dan Upah Per Hari

    Tukang gali Rp80.850
    Tukang kayu Rp115.850
    Tukang batu Rp115.850
    Tukang besi beton Rp120.850
    Tukang cat/pelitur Rp115.850
    Tukang besi profil Rp125.850
    Tukang listrik Rp120.850
    Tukang ledeng Rp115.850
    Asisten tukang Rp90.850
    Durasi pengerjaan juga bisa mempengaruhi total biaya dalam membangun rumah.

    Artinya, semakin lama durasi pengerjaan rumah tersebut, tentu ongkos dari jasa tukang bangunan yang Anda keluarkan jadi semakin besar. Lalu, Anda juga jangan melupakan biaya mandor.

    Per harinya pun untuk membayar mandor biasanya bisa merogoh kocek hingga sebesar Rp1 jutaan namun disesuaikandengan tanggung jawabnya.

    3. Bahan Baku Bangunan

    Bahan Baku Bangunan


    Selanjutnya, ada biaya produksi rumah type 36 yang perlu Anda perhatikan adalah dari bahan baku bangunan. Kalkulasikan seluruh biaya bahan baku ini dalam pembangunan rumah.

    Untuk rumah tipe 36 satu lantai ini biasanya Anda memerlukan pembangunan pondasi rumah, dinding, struktur bangunan, genteng, atap, kusen jendela, kusen pintu, lantai, serta pewarna tembok. Kemudian, ada bahan baku lainnya, seperti bata merah, saniter, plafon, beton yang harganya dihitung per meter.

    Sebenarnya, ketiga langkah diatas sudah cukup untuk mengetahui seberapa estimasi biaya bangun rumah tipe 36 yang harus Anda siapkan.

    4. Biaya Tak Terduga

    Biaya Tak Terduga

    Terakhir, Anda pun harus menghitung biaya bangun rumah sendiri dan Anda harus memasukkan biaya tak terduga. Biaya tak terduga ini akan sangat diperlukan dalam proses pembangunan rumah.
    Seperti, menghias rumah, contohnya saja pembangunan taman dan pengisian properti ruang tamu dan dapur.

    Anda bisa tambahkan 10% dari biaya pembangunan rumah minimalis secara keseluruhan sebagai biaya tak terduga. Jumlah tersebut juga sangat cukup untuk dana darurat.

    Bagaimana Cara Anda Mengatur Anggaran RAB Rumah Type 36?

    Anggaran RAB Rumah

    Anda harus merencanakan pembangunan rumah type 36 dengan detail dan jelas. Apabila Anda sudah mengetahui ukuran bangunan dan lainnya, maka Anda bisa membuat anggarannya secara lengkap dan akurat. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan sebagai patokan utama Anda dalam membayar biaya pembangunan secara keseluruhan.

    Kami menyarankan agar Anda bisa menggunakan desain rumah type 36 bergaya minimalis secara optimal. Hal ini juga dikarenakan agar konsep rumah minimalis Anda bisa menghadirkan kesan nyaman, serta bisa multifungsi terhadap setiap sudut ruangan. 

    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa konsep minimalis ini bisa menekan biaya pembangunan rumah type 36 yang akan Anda bangun.

    Jangan lupa Anda memilih bahan-bahan bangunan lokal dan berkualitas. Anda bisa mencarinya di pasaran, sedangkan harga yang ditawarkan juga berbeda satu sama lain. Kualitasnya pun tidak perlu Anda ragukan lagi dan standarnya sama seperti bahan material internasional. Anda bisa menghemat anggaran bila memilihnya dengan cermat.

    Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menggunakan jasa tukang bangunan dengan sistem borongan. 

    Umumnya tukang borongan ini akan memperkirakan jumlah biaya pengerjaan secara akurat. Tak hanya itu saja, tukang bangunan bersistem borongan ini bisa bekerja lebih cepat dan mampu menghemat biaya pembangunannya.


    Tips Dalam Penghematan Budget Membangun Rumah Minimalis

    Untuk Anda yang kini tengah merencanakan pembangunan rumah namun masih khawatir, dalam hal overbudget dari perencanaan, setidaknya Anda bisa saja mengurangi kekhawatiran tersebut dengan melakukan hal-hal berikut.

    1. Anda bisa belanja material kualitas standar dan memilih toko bangunan yang tepat

    Tips Dalam Penghematan Budget Membangun Rumah Minimalis

    Jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas, namun ingin memiliki rumah dengan bangunan yang berkualitas baik. Anda bisa memilih material yang standar, ini akan sangat membantu upaya penghematan Anda.

    Jadi Anda bisa pilih material bangunan yang standar saja namun dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

    Cermatlah Anda dalam memilih toko material. Karena material ini memiliki peranan yang sangat vital dalam kesuksesan pembangunan Anda dan juga merupakan item dengan konsumsi biaya yang cukup tinggi.

    Lakukan survey harga dan kalau bisa bandingkan harganya dengan toko material lainnya. Anda bisa pilih material yang berkualitas dari toko material yang terpercaya dengan tetap mengusahakan untuk mendapatkan harga terhematnya.

    2. Tukang dengan bekerja secara profesional 

    Tukang dengan bekerja secara profesional
    rumahminimalisdepok.com

    Pentingnya dalam memilih tukang bangunan yang profesional adalah karena performa mereka yang cukup berpengaruh nantinya terhadap efektivitas dan efisiensi pembangunan rumah Anda.

    Potensi pembengkakan biaya ini kebanyakan akibat error pekerjaan yang tentunya akan terminimalisir dengan Anda memilih tukang yang profesional.

    3. Menunda finishing

    leora.id

    Menunda pengerjaan finishing ini juga bisa dilakukan sebagai upaya penghematan biaya. Pengerjaan finishing ini seperti pengecatan dan penambahan elemen eksterior seperti taman, kolam dan lainnya bisa Anda lakukan belakangan, setelah dana Anda kembali terkumpul. Utamakan anggaran Anda untuk pembelanjaan primer terlebih dulu.

    Pada intinya, dalam merencanakan pembangunan rumah berbagai type memang tak pernah bisa lepas dari pembiayaan yang harus Anda kuasai. Oleh karenanya, menghitung rencana pembiayaan ini menjadi sangat penting agar pembangunan rumah Anda bisa berjalan dengan efektif dan efisien. 

    Apakah Bangun Rumah Type 36 Nantinya Bisa Memberi Keuntungan?

    Bangun Rumah Type 36 Nantinya Bisa Memberi Keuntungan
    rumahminimalisdepok.com

    Secara umum rumah type 36 bergaya minimalis saat ini masih menjadi primadona sebagian besar masyarakat. Pasalnya, budget yang dibutuhkan bisa dikatakan tidak terlalu besar, sedangkan prospek propertinya pun bisa memberikan nilai untung agak besar. 

    Anda bisa memperoleh harga jual cukup tinggi dan menyesuaikan dengan lokasi dan struktur bangunan dengan nominal hingga ratusan juta rupiah.

    Itulah ulasan biaya bangun rumah minimalis type 36 2020. Semoga artikel di atas bisa memberikan Anda pengetahuan, Agar kedepannya tidak bingung dan merasa dibohongi. Semoga bermanfaat.


     

    ARTIKEL YANG SEDANG DIBACA

    Cat Luar Rumah Minimalis Akan Terlihat Keren Bukan Hanya Dari Dalam Namun Juga Dari Luar

    Pada saat memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, Anda harus memastikan bahwa telah memilih warna cat rumah bagian luar yang tepat. Warna yang tepat akan menghadirkan ekspresi elegan dan akan membuat tampilan rumah Anda lebih modern.  Memilih warna cat yang tepat bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang suit. Anda harus menemukan keseimbangan antara warna yang bisa mencerminkan gaya desain rumah dan warna furnitur tentunya agar menghasilkan kesan elegan. Cat Luar Rumah Minimalis Terbaru Ada yang menyatakan jika  warna hijau kurang bagus, namun Anda juga lihat saja rumah ini, cantik juga bukan?  Warna hijau ini  bisa diaplikasikan pada pintu rumah, selain itu ada bagian dinding yang memasang keramik hijau.  Cat Luar Rumah Minimalis Modern Paduan warna coklat muda dan juga putih untuk cat luar rumah minimalis modern, masih keren juga pada tahun ini.  Sebenarnya, Anda juga bisa memadukan dua warna yang sama untuk warna cat dalam rumah. Tren cat warna rumah baik pada eksterior

    Inspirasi Teras Rumah Minimalis Sangat Cocok Diaplikasikan Pada Rumah Minimalis Karena Disesuaikan Dengan Lahan Terbatas

    Jika Anda ingin menikmati udara segar di luar namun Anda tidak ingin bepergian keluar rumah? Mengapa tidak melangkah sejenak saja ke teras dan duduk santai. Kehadiran teras pada hunian bukan hanya menjadi pemanis belaka. Area satu ini juga bisa Anda jadikan tempat berkumpul bersama keluarga, sambil berbincang santai dan menikmati suasana. Konsepnya sama seperti ruangan lainnya di rumah, teras ini harus ditata dengan nyaman. Namun, ada pertanyaan lagi, bagaimana cara menata teras agar tampak estetis sekaligus fungsional? Lalu, gaya apa yang bisa diterapkan di banyak hunian tanpa adanya khawatir atau kesulitan dalam merawatnya? Salah satu jawabannya adalah desain minimalis. Konsep yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, arsitektur hingga interior pun sudah banyak yang menggunakan gaya minimalis sebagai gagasan utama pada hunian di desa atau dikota. Mengapa Anda tidak mengikuti gaya serupa di teras rumah? Berikut ini ada beberapa inspirasi teras rumah minimalis yang

    Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Kini Menjadi Standar Ukuran Hunian Yang Populer Saat Ini

    Jika Anda ingin mengakali keterbatasan luas lahan rumah minimalis? Salah satu caranya yaitu dengan membangun rumah ke atas. Rumah minimalis 2 lantai sangat diminati masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau, perawatannya pun terlihat lebih mudah. Meskipun berukuran minimalis dan luas lahannya yang terbatas, Anda pun bisa merubahnya menjadi hunian yang lebih nyaman dan lapang. Salah satu caranya yaitu dengan membangun rumah 2 lantai. Yang harus Anda ingat, lantai dua tidak boleh lebih luas dari lantai dasar. Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Ukuran 6x10 denah rumah minimalis 2 lantai ukuran 6x10 ini sudah sangat cukup untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga yang menginginkan fasilitas ekstra. Denah rumah dua lantai ini dilengkapi dengan home theatre beserta perabot fungsional lainnya seperti, ruang belajar atau ruang kerja pribadi, dan juga empat kamar tidur yang sangat leluasa. Selain itu, denah rumah dua lantai ini juga terstruktur dengan baik dan efisien serta memiliki kesinamb